Kuliner Pemalang : Lontong Dekem

Makanan khas yang satu ini bisa kita temui di Kabupaten Pemalang. Lokasinya di utara alun – alun, tepatnya Jalan RE. Martadinata, Pemalang. Ada banyak pilihan warung tenda yang menjual Lontong Dekem. Kuliner malam hari di daerah ini sedikit membawa kita ke jaman dulu, karena beberapa warung tenda masih bertahan dengan memakai lampu sentir yang bahan bakarnya berupa minyak tanah. Beberapa tahun yang lalu sewaktu kesini, hampir semuanya masih memakai sentir, sekarang hanya sebagian saja.

.

lontong ndekem

.

Apa saja isian lontong dekem ini?

Well, menurut saya sangat sederhana, satu mangkok lontong dekem berisi potongan lontong, kerupuk mie yang dihancurkan, taburan bawang goreng, dan kuah dengan bumbu rempah (mirip seperti kuah soto). Nah untuk pelengkapnya, biasanya disediakan sate daging ayam dengan kuah serundeng, dan sate jeroan ayam dengan taburan serundeng kering.

.

sate ayam kuah srundeng

.

ayam goreng srundeng

.

Mencoba suapan pertama, kedua, dan keterusan… 🙂 sayang sekali saya tidak bisa mencoba satenya, karena alergi santan atau kelapa :D. Untuk yang suka kuliner, lontong dekem sayang buat dilewatkan.

.

lontong dekem pemalanglontong dekem pemalang

.

Kira – kira kenapa ya dinamakan lontong dekem? apa karena penjualnya membuat, dan melayani pembeli sembari duduk agak tersembunyi (dekem?) hehe…

6 Komentar


  • terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini EXPLORE INDONESIA


    • sama-sama…
      oke, meluncur TKP 🙂


  • wah enak nie kayaknya…

    salam kenal ya mbak 🙂

    btw mau nanya di blog lama ada lagu jessie thompson judulnya apa ya?


    • pagi mas…

      banyak sih ada beberapa soalnya. kebanyakan dia meng-cover lagu yang memang sedang hits.
      klo lagu paling awal judulnya Sun Goes Down 🙂

Tinggalkan Balasan