Curug Tabela Karang Salam – Baturraden

Sebut saja Handoyo, nama lengkapnya Giarsiana Handoyowati. Mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Purwokerto yang sedang terserang penyakit bosan juga malas gara – gara skripsi dan gagal ‘ngejar’ wisuda September besok. Tiba – tiba SMS dengan banyak keinginan, ingin piknik, ingin ini, ingin itu, pokoknya ingin tidur di luar kost. Berhubung nanggung sudah mau maghrib, dan kalau camping tidak ada persiapan, jadilah Rumah 21 jadi pilihan jitu.

.

curug tabela karang salam - baturraden

.

Ngobrolin soal besok mau kemana pun akhirnya sedikit njlimet sampai dini hari. Soalnya diselipin diskusiย mengenai agama. Meski sedikit menjadi tak biasa, tapi saya senang… ilmu bertambah karena Giar ini memang biasa berdakwah di kampus dan sekolah. Curug Tabela akhirnya menjadi pilihan karena Giar suka air dan saya suka motret air haha…

Sebelum berangkat mampir dulu ke kampus untuk menemui dosen yang ternyata tidak mau ditemui *eh, tidak sedang ada di tempat… Karena sama – sama belum tahu lokasinya, akhirnya peta wisata di Karang Salam pun jadi petunjuk pilihan, dan tentunya dengan bantuan GPS (Galakkan Penduduk Setempat) alias tanya warga ๐Ÿ˜€

.

jalan menuju ke curug tabela

.curug tabela - jalan menuju curug

Buat yang belum tahu, saya kasih ancer – ancer menuju lokasi Curug Tabela. Tahu kan Curug Telu atau Curug Bidadari atau Curug Moprok yang ada di Karang Salam, Baturraden? Nah Curug Tabela ini sebenarnya aliran bawah dari Curug Telu. Setelah masuk gapura Desa Karang Salam yang ada peta wisata air terjun, nanti melewati SD yang ada lapangannya, setelah lapangan ada jalan ke kanan (gang pertama), ikuti saja jalannya (kalau ada pertigaan ambil yang kanan), sampai ketemu warung yang di sisi kirinya ada jembatan. Biasanya motor di parkir di depan halaman warung dan dilanjutkan dengan jalan kaki. Setelah melewati jembatan, ada jalan kecil ke kanan yang menuju ke curug. Dari parkiran ke curug jalan tak ada 500 meter, selain trekingnya mudah karena dikasih undakan dari bambu, masih belum ada tiket masuk alias gratis.

.

curug tabela - treking naik bebatuan

.

curug tabela

.

Sebelum sampai di Curug Tabela, nanti kita akan lihat ‘kedung’ yang bisa dipakai untuk berenang. Naik bebatuan yang dibaliknya terlihat Curug Tabela. Curugnya tidak terlalu tinggi, di sisi kanan ada bebatuan dengan karakteristik yang sama di Curug Bayan. Debit airnya tidak terlalu besar, sehingga bagian bawahnya lebih aman jika ingin berenang. Kedalaman air mungkin sekitar 3 – 4 meter ??

.

curug tabela karang salam - purwokerto

Teman saya ini ternyata jahilnya melebihi yang lainnya, meski tahu saya tak pernah masuk air kalau ke curug dan tidak bisa berenang tetap saja berusaha bikin saya basah, alih – alih menghindari cipratan airnya karena banyak batu licin akhirnya saya jatuh dan basah dengan sukses. Kepalang tanggung, akhirnya memberanikan diri buat berendam *di pinggiran tentunya heuheu… ๐Ÿ˜‰

.

curug tabela purwokerto

.curug tabela - capung
.

menikmati suasana curug tabela

Suasananya tenang, asik buat menggalau karena masih sepi. Jangan heran kalau nanti lihat capung jarum banyak sekali dan kupu – kupu kecil kuning. Giar yang asik main HP pun beberapa kali didatangi capung jarum. Dan momennya terlalu sayang buat dilewatkan, apalagi capungnya kayaknya tahu banget mau dijadiin model (v__v).

.

curug tabela - wisata purwokerto

.curug tabela - jump

.

Puas main air dan kedinginan, sambil nunggu baju agak kering ngobrolin ini itu sembari nyemil ini itu. Tak lama datang empat orang yang rupanya sama – sama penasaran dengan Curug Tabela. Saya dan Giar pun pindah ke ‘kedung’ bawah, niatnya sih mau mainan air ternyata sampai lokasi ada lima anak kecil yang mau berenang. Akhirnya memilih lihat aksi terjun salah satu anak yang naik tebing lalu loncat *kalau saya mana berani (-__-“). Saya pilih naik batu tinggi yang tak jauh dari tempat renang anak kecil. Batunya bisa buat tiduran saking besarnya.

Jangan lupa kalau kesana bawa kembali sampahnya, biar tempatnya tidak kotor, dan tetap indah untuk dinikmati…

.

.

PS : Thanks Handoyo maksudnya Giar ๐Ÿ˜€ tunggu pembalasan saya buat ngerjain >__<

9 Komentar

Tinggalkan Balasan