Wisata Kulon Progo : Waduk Sermo

Memanfaatkan waktu (sangat) terbatas untuk menjelajahi Kulon Progo. Setelah bingung memilih antara Kalibiru atau Waduk Sermo, akhirnya saya memilih Waduk Sermo. Karena posisi saya berada di Wates dan jarak menuju waduk pun tidak terlalu jauh, sekitar 6 KM. Kulon Progo pagi itu masih diselimuti kabut, saya pun meminta kakak untuk mengantar dengan menggunakan motor.

.

waduk sermo kulonprogo

.

Lokasi waduknya sendiri berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum, sebaiknya berangkat pagi hari. Karena meski ada kendaraan (bisa menggunakan bus kecil atau angkutan pedesaan) namun harus menunggu agak lama. Paling mudah menurut saya via Wates, naiklah dari Pasar Wates atau depan RSUD Wates.

.

waduk sermo - area parkir

.

Perjalanan menuju ke lereng Bukit Menoreh bebas hambatan pagi itu, selain aspalnya dalam kondisi bagus juga masih pagi. Sepanjang jalan saya disuguhi pemandangan ; sawah luas membentang, berganti dengan suasana desa yang mengingatkan saya akan tempat tinggal nenek dan kakek (beberapa wanita terlihat menyapu halaman rumah, asap keluar dari tungku dapur, anak kecil dengan berbalut handuk selepas mandi), lalu suasana berubah makin asri nan sejuk saat melewati kawasan perhutani. Yang jelas pagi yang dingin dan menyegarkan 🙂

.

waduk sermo - jalan lingkar

.

Tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu IDR 3.000 per orang, untuk kendaraan bermotor dikenai retribusi IDR 2.000 dan biaya parkir IDR 1.500 (di dalam), mobil pribadi retribusi IDR 3.000 dan parkir IDR 3.000, sedangkan bus atau truk retribusi IDR 5.000 dan parkir IDR 5.000. Berhubung masih pagi, belum ada yang berjaga di pos karcis *sepertinya bila kesini sore juga tidak ada petugas jaga 😀

.

waduk sermo - jalan keliling

.

Saya sempat meminta berhenti di tempat parkir, Waduk Sermo nampak penuh misteri karena dikelilingi bukit berbalut kabut. Sedikit malas beranjak dari bebatuan tempat saya duduk sambil menikmati pemandangan. Kami pun memutar lalu berhenti di tempat peresmian waduk, tertulis 20 November 1996 dan ditandatangani oleh Presiden Soeharto.

.

waduk sermo - kulonprogo

.

Sama seperti waduk – waduk lainnya yang berfungsi untuk mengairi lahan pertanian warga, begitu pula dengan Waduk Sermo yang memiliki luas sekitar 157 Ha ini. Menikmati keindahan Waduk Sermo bisa dengan berkeliling di jalan lingkar beraspal menggunakan kendaraan sendiri  atau  perahu yang bisa kita sewa (bisa diisi sampai 10 orang). Tidak usah khawatir kelaparan, di sekitar dermaga terdapat banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman.

.

waduk sermo - wisata kulonprogo

.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Waduk Sermo adalah pagi atau sore hari, karena pada siang hari tempat ini panas. Keelokan waduk ini juga bisa dilihat dari tempat wisata Kalibiru.

Tertarik juga untuk kesini? 😀

10 Komentar


  • nice post, kunjungi lagi Kulon Progo ya, sekarang lebih banyak tempat wisata baru 🙂


    • Hai, salam kenal fauzi…
      Wah yg baru apa saja? Boleh juga… bisa dong barengan kesana 🙂


      • wah banyak, ada kebun teh ngingglo, kedungpedut, puncak dipowono, kebanyakan wisata alam di perbukitan menoreh. hehe


        • Wah… banyak juga.
          Boleh itu diagendakan menunggu musim baik datang ?
          Asli sana?


  • orang kulon progo yang belum pernah ke waduk sermo ya aku. bagus banget ternyata. Mungkin karena mbak yang mengambil fotonya hehehe. 🙂


    • Yah mba Naurah ms blm pernah… kesana pas pagi2 bgs lho. Klo ga pas sunset…
      Kebetulan kakak ipar tinggal disana jd kesampaian jg main.

      Terima kasih sudah mampir kesini 🙂


  • satu kata, keren (y)


  • Jalanan Yogyakarta memang bagus-bagus. Coba keluar dari Gunungkidul masuk Wonogiri lak bubrah kabeh dalane hahaha. Waduke ayem mbak, 🙂


    • Iyo pakdhe, mesti jalan inul yo *goyang2 😀

      adem, bikin pengin nyebur tp ga bs renang, dah gitu ktnya dalem banget tuh :O

Tinggalkan Balasan