Mino Dan Nopia ~ Oleh-Oleh Khas Purwokerto

Kunjungan langsung ke tempat pembuatan Nopia di Banyumas terlaksana juga setelah tertunda berbulan – bulan. Mungkin saya harus berterima kasih ke Eva yang baru pulang keliling dunia selama dua tahun yang membawa temannya Anmi Shimada dari Jepang untuk datang ke Purwokerto, demi mengenalkan Nopia akhirnya bisa kesana.

Siapa yang tak kenal dengan Nopia, salah satu cemilan khas Banyumas. Nopia ini berbentuk bulat dengan isian aneka rasa di dalamnya seperti rasa gula, coklat, pandan, durian, bawang, dan kacang. Bahan untuk membuat Nopia ; tepung terigu, mentega, minyak sayur, gula, vanila, dan susu. Nah sentra pembuatan oleh – oleh khas ini ada di Desa Kalisube.

Jika kita hendak ke Patikraja lewat Banyumas, ketika meliwati Desa Kalisube, Kecamatan Banyumas sepanjang jalan akan dengan mudah menemukan toko penjual Nopia. Biasanya tempat pembuatannya sendiri tak jauh dari tokonya, karena home industri ini kebanyakan sudah ada dari generasi ke generasi.

Rutenya ; dari Purwokerto setelah melewati jembatan Sungai Serayu nanti ada Pasar Banyumas, ambil ke kanan pas gang pertama, ikuti jalan saja sampai Warung Gareng (pertigaan yang ada plang petunjuk jalan), ambil jalan yang arah Patikraja atau Makam Dawuhan, setelah jembatan kecil itu sudah masuk Desa Kalisube.

.

Nopia - proses pembuatan

.

Nopia - siap untuk dibakar

.

nopia - dimasukkan ke tungku

.

nopia - siap untuk diproses

.

nopia - proses masak atau pembakaran

.

Kebetulan sekali sewaktu berkunjung di salah satu tempat sedang proses pembuatan Nopia, mulai dari adonan mentah yang dibentuk bulat kecil dan diisi berbagai macam rasa, lalu memasukkan ke tungku yang terbuat dari tanah liat dan dimasak dengan dibakar menggunakan arang, setelah matang diangkat dipilih yang hasilnya bagus, lalu terakhir dikemas setelah sebelumnya ditimbang.

.

nopia - siap dikemas

.

nopia - siap dijual

.

Anmi Shimada dan Eva sangat terkesan dengan proses pembuatan Nopia, juga juga sangat menikmati ketika mencoba Nopia berbagai rasa.

.

nopia - tester

.

nopia - jajanan khas banyumas

.

nopia - dengan pemilik salah satu home industri nopia

.

.

Terima kasih : Antomatis Karikatur sudah jadi guide kita, Bu Susi pemilik Sarang Sari Mino dan Nopia yang sudah memperbolehkan kami melihat proses pembuatan Nopia dan untuk oleh – oleh Nopianya :). Alamat Sarang Sari Mino dan Nopia : Desa Kalisube RT 2 RW 2, Kecamatan Banyumas, HP : 082226387625

8 Komentar


  • Fotonya bagus2 lip :), salute


    • thanks Ji…

      btw, lama ga kelihatan :O


      • Iya soalnya lg nggemukin badan tapi ga gemuk2.
        Sering2 aja posting yang kaya gini. Aku suka


        • ndak bakat gemuk kali (v__v)

          huehehe…posting gini ini suka bikin ngemil Ji… *kurang piknik nih*


          • Lah kamu uirang piknik, aku piye. Terakhir lunga be dcf taun 2014.hha, lg pengen solo trip tapi durung kelakon.
            Aku paling pol ya piknik bareng keluarga maring tempat2 mainstream kaya baturaden, owabong, sangaluri park 🙂
            Lip aku kapan2 pgn ngopi file lagu mp3 atau yang kualitasnya lebih bagus di leptopmu, bisa ora?
            Sorry kye mandan dawa balese.


          • puk2… hehe lha kenapa gak solo travelling?

            lagu yg mana?klo yg di blog lama itu pke soundcloud, ndak punya mp3-nya lho…
            habis di instal ini notebooknya, ga sempet save file… *ngenes kan -,-


          • Gatau, mungkin karena bingung juga mau kemana. Banyak bgt pilihan tempat tapi gitu2 aja aku liatnya, malah lebih tertarik sama jajanan tradisional, kalo ada rencana kaya gini lagi aku diajak ya. Asal diwei ancer2e pasti ketemu lokasinya sama aku.

            Kalo nyimpen file jangan di Local Disk : C
            Jadi aman mau install ulang berapa kali juga.


          • oke 🙂

Tinggalkan Balasan