Explore Baturraden : Menjelajah Curug Carang Desa Kemutug

Jujur saja menjelajah Curug Carang ini diluar rencana, karena sebenarnya pagi itu saya dan kawan saya hanya berniat susur kali di bendungan DP Kotayasa. Kami bahkan tidak membawa bekal apapun selain air aqua, gara – gara iseng tanya curug atau air terjun ke warga akhirnya perjalanan menjelang siang itu kami lanjutkan ke Curug Carang.

Pertama kali mendengar curug ini dari Wiranagara beberapa bulan lalu, awalnya ingin langsung mencoba kesana tapi ternyata yah seperti biasa ; susah mencari teman perjalanan yang waktunya pas. Jadi ketika ada kesempatan meski tanpa persiapan, nekad juga… aslinya sih kondisi sudah sangat lapar karena sewaktu berangkat pagi ke sungai belum sarapan. (9^_^)9

Untuk menuju ke lokasi, dari Kota Purwokerto ambil arah Baturraden, sebelum gerbang wisata Mandala Baturraden nanti ambil kanan yang rute menuju Curug Telu, sebelum pertigaan Gerbang Desa Karang Salam atau Sumbang ada rumah putih dengan pagar keliling (ada sebuah pintu belakang), nah disitu saja parkir motornya. Konon rumah dengan halaman luas itu milik salah satu artis ibukota :O

.

curug carang - rute

.

curug carang - pertigaan

.

Dari pintu masuk (seperti foto di atas) kita perlu berjalan kurang lebih 500 meter sampai ada pertigaan, ambil arah ke kiri (kalau lurus entah kemana), lalu lanjut mengikuti jalan sampai ketemu turunan tebing (lebih mirip jurang sih hehehe) dan menyusuri sungai sekitar 700 meter sampai curugnya. Total kurang lebih kita harus berjalan selama 1,2 KM untuk sampai lokasi. Beruntung hari itu ketemu Mas Sito yang malah berbaik hati mengantarkan kami berdua sampai ke turunan tebing.

Dan sampai ke tebing, kami sedikit kaget dengan kondisi jalannya yang sangat curam walaupun sudah dikasih tahu sama Wiranagara *sedikit diluar bayangan  🙁 . Ada tali kecil warna orange untuk pegangan, tapi tetap saja semacam uji nyali buat saya dan kawan saya yang pakai rok panjang buat menuruninya. Perjalanan kami teruskan dengan menyusuri sungai, dan melompat dari batu satu ke batu lainnya. Dalam perjalanan kita menyusuri sungai akan melewati Curug Gagak *sayang waktu itu debit airnya kecil.

.

curug carang purwokerto - susur tebing

.

curug gagak purwokerto di curug carang

.

susur sungai - curug carang purwokerto

.

susur sungai menuju curug carang.

Sedikit lega ketika curug tujuan kami sudah terlihat dari kejauhan… Sampai lokasi langsung selonjoran, lumayan sakit kakinya karena sandalnya kami lepas :|.

.

curug carang dari kejauhan

.

langkah kaki - curug carang

.

curug carang purwokerto

.

Sepintas air terjun ini mirip dengan gabungan antara Curug Telu dan Curug Jumeneng. Berhubung masih jarang dikunjungi jadi tempatnya masih menyenangkan buat ‘menyepi’. Udara sejuk karena hempasan air dari curugnya melenakan saya. Perjalanan lumayan berat tadi serasa terbayarkan oleh keindahan yang nampak di depan mata. Menawan…

Tadinya kami berencana mandi, berhubung di belakang kami sudah ada yang menyusul empat orang cowok maka rencana mandi kami batalkan :D. Keempat orang itu rupanya dari Sokaraja, dan salah satunya mengenali saya karena pernah baca tulisan – tulisan saya hehe… *sayang banget udah ngobrol lama lupa tidak menanyakan namanya, tapi saya salut nih Mas-nya yang satu itu membersihkan sampah di sekitar air terjun.

.

curug carang - backpacker sokaraja

.

Sudah hampir dhuhur, dan rasa lapar sudah bikin pusing – pusing. Akhirnya kawan saya meminta bantuan temannya (Ucup) untuk menyusul dan membawakan kami makanan dan minuman. Sembari menunggu Ucup yang lumayan lama datangnya karena sempat nyasar, kami menikmati curug…

.

curug carang - baturraden

.

curug carang - olipe oile blog.

curug carang - teman perjalanan

.

curug carang - stone.

curug carang dari samping.

Keempat orang dari Sokaraja pulang, lalu datang lagi empat orang lagi dari Purwokerto. Pusing kepala karena lapar sudah hilang, kami pun memilih pulang karena sudah hampir jam satu siang. Beruntung ketika pulang sudah ada tali warna hijau yang memanjang sampai bawah, memudahkan kami sewaktu menaiki tebing curam.

.

curug carang - susur tebing

.

curug carang - susur tebing curam

.

Sewaktu perjalanan pulang kami melewati kebun yang kebetulan beberapa pekerja sedang beristirahat setelah menebang pohon, mereka menawari kami kelapa muda *pas banget buat ngilangin dahaga dan rasa capek… Sepertinya do’a saya pagi itu ingin minum air kelapa muda terkabul :). Rupanya Mas Sito yang mengantarkan kami sewaktu berangkat juga masih berada di kebun.

.

curug carang - menikmati kelapa muda

.

Well, buat yang belum pernah ke Curug Carang dan ingin kesana saya sarankan bawa bekal makanan dan minuman. Tentu untuk menjaga agar keasrian dan keindahan curug itu tetap terjaga jangan sampai meninggalkan sampah di sana, dan jangan mencoret – coret batu entah dengan pilox atau spidol atau apapun…

Sepertinya Curug Carang ini makin banyak dikunjungi, terutama setelah masuk acara Si Bolang disalah satu televisi nasional minggu kemarin. Tinggal menunggu waktu untuk dijadikan salah satu tempat wisatakah?? kita lihat saja… 🙂

.

.

Trims buat Mas Sito yang sudah mengantar kami, buat Ucup yang sudah menyusul membawakan kami makanan dan minuman 🙂

Tinggalkan Balasan