Wisata Alam Kampung Kurcaci Purbalingga

Jumat rasa Senin…

Lesu karena hanya bisa tidur satu setengah jam saja, dan keinginan lihat yang hijau – hijau muncul begitu saja. Akhirnya memanfaatkan waktu pagi yang kosong tiga jam menuju daerah Serang, Purbalingga. Hari ini kabut lumayan awet, apalagi sewaktu sampai ke Serang…

.

kabut

.

Untuk menuju ke Kampung Kurcaci atau Rumah Kurcaci ini mudah, kita hanya perlu mengikuti jalan yang menuju Wisata Kebun Strawberry atau pendakian Gunung Slamet. Setelah memasuki Desa Serang, sedikit kurangi kecepatan, nanti di kiri jalan ada SD Negeri 5 Serang, dari situ kurang lebih 150 meter kanan jalan ada banner petunjuk. Atau 1KM sebelum rest area Lembah Asri Serang (kebun strawberry). Sayangnya jalan menuju parkiran hanya bisa di lewati oleh motor, buat yang bawa mobil tidak usah khawatir karena sebenarnya dari jalan raya jalan kaki hanya 100 meter sudah sampai ke lokasi.

.sekolah alam kurcaci - kampung kurcaci serang

.

Jadi rupanya Kampung Kurcaci ini sebenarnya adalah sekolah alam yang digagas oleh Karang Taruna setempat. Menempati lahan milik Perhutani, di Sekolah Alam Kurcaci ini sebenarnya diperuntukan untuk anak – anak, terutama TK – SD yang tak jauh dari Kampung Kurcaci ini. Tempat ini semacam rekreasi back to nature, karena di sini disediakan beberapa wahan permainan tradisional, ada pula rumah pohon sederhana (sayangnya karena dibuat seadanya, nampak kurang aman kalau terlalu banyak anak yang naik), dan uniknya di sini wajib untuk menggunakan Bahasa Jawa (krama inggil).

.

wajib menggunakan bahasa jawa - kampung kurcaci

.

Pada hari Jumat, terkadang SD setempat yang ada mata pelajaran olahraga membawa murid mereka ke sekolah alam ini buat bermain. Hari itu saya berkesempatan bertemu dangan Mas Aji (Ketua Karang Taruna) dan Mas Edi untuk berbincang sebentar. Mas Aji pun menjelaskan bahwa tempat ini terbilang baru (sekitar empat bulan), dan masih berusaha untuk dibenahi agar lebih baik lagi. Pada hari Minggu biasanya ada acara rutin, dan Perpustakaan Kuda milik Pak Ridwan Sururi akan datang. Pengunjung bisa membaca buku di perpustakaan alam yang ada di saung. Ada juga camping ground di sisi utara, dua air terjun (curug) ; Curug Tarung dan Curug Lawang yang bisa dikunjungi (jalan menuju ke dua curug tersebut masih belum terlalu bagus), serta jalur pendakian Gunung Kelir.

.

kampung kurcaci serang - rumah pohon

.

kampung kurcaci - rumah pohon

.

Nah bagian yang seru tentunya adanya Rumah Kurcaci. Sebagian menganggap bahwa rumah ini semacam miniaturnya rumah yang ada di film LOTR, meski jauh berbeda tapi okelah kalau mau buat foto – foto :D. Sebenarnya rumahnya tidak bisa dimasukin, hanya menaruh kayu dan dicat seperti posisi depan bagian rumah mini saja. Tapi ide ini patut diacungin jempol. Mengingat sudah lumayan banyak yang mengunggah di Instagram, tempat ini pun menjadi semakin ramai karena banyak yang penasaran dan berfoto selfie di depan Rumah Kurcaci. Menurut Mas Aji, bisa jadi ke depannya dibuatkan Rumah Kurcaci yang bisa dimasuki oleh pengunjung betulan, dan rencananya juga lokasi parkir akan dipindah agar mobil pun bisa ditampung.

.

wisata alam kampung kurcaci serang

.

kampung kurcaci - rumah hobbit

.

Tempat ini masih sangat alami, selain banyak pepohonan dan lokasi yang berada di lereng Gunung Slamet menjadikan Kampung Kurcaci ini asri dan berhawa dingin. Buat yang menyukai alam, kita bisa sekalian bermalam dengan mendirikan tenda di lokasi camping ground yang sudah disediakan.

Semoga informasi ini membantu buat yang masih penasaran dengan Kampung Kurcaci atau Rumah Hobbit :D… bisa juga tanya – tanya diakun IG @kampung_kurcaci yes…

.

.

PS : thanks buat mbak2 dari Unsoed yang mau jadi model…. lupa tidak tanya nama (-_-“)

4 Komentar

Tinggalkan Balasan