Menikmati Kuliner Khas Tegal

Tidak semua wisatawan berkunjung ke suatu tempat hanya untuk menikmati  keindahan atau fasilitas dari tempat wisata tersebut. Banyak juga wisatawan berkunjung ke suatu daerah untuk menikmati kuliner khasnya. Nah, menemukan kuliner unik atau lezat pasti menjadi kesenangan tersendiri, terutama untuk penggemar wisata kuliner. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas tentang kuliner khas Tegal.

Mengapa kuliner khas Tegal? Karena kuliner dari kota yang identik dengan Warung Tegal ini layak untuk Anda coba. Banyak loh, wisatawan yang datang untuk berburu kuliner khas Tegal, bahkan efek banyaknya wisatawan membuat pembangunan hotel di Tegal bertambah banyak. Untuk lebih tahu info penginapannya Anda bisa klik di sini.

Sebab penting sekali buat tahu penginapan mana yang akan Anda tuju sebelum mengunjungi suatu tempat wisata. Setidaknya Anda jadi tidak membuang waktu mencari penginapan ketika sudah di sana atau salah memilih penginapan. Salah memilih karena jarak antara penginapan ke wisata yang Anda tuju sangat jauh. Selanjutnya setelah menemukan penginapan yang sesuai, mulai deh berburu kulinernya. Ada kuliner apa saja sih di Tegal?

Sate Kambing Muda

.

Picture1

Sumber gambar: wisata-tegal.blogspot.co.id

.

Kuliner sate kambing muda mungkin banyak terdapat di berbagai daerah, tidak jarang juga dijajakan di pinggir jalan oleh pedagang kaki lima. Tetapi sate kambing muda khas Tegal tentu saja berbeda, potongan dagingnya besar dan empuk sekali. Memiliki citra rasa daging muda yang manis dengan bumbu kecap kental legit. Jika suka pedas, Anda bisa menambah irisan cabe rawit dan bawang merah ke dalam bumbu kecap.

Menyantap sate kambing muda sangat lezat dengan lontong dan segelas Teh Poci khas Tegal yang terkenal keharumannya. Namun, karena sate kambing muda banyak di jual di Tegal, Anda bisa memilih warung sate kambing muda yang paling terkenal lezat di sana, yaitu di Alun-Alun Tegal. Biasanya akan banyak dipenuhi pengunjung, terutama di saat musim liburan.

Soto Senggol

Setelah mencicipi sate kambing muda, Anda jangan pergi dulu. Di sekitar Alun-Alun Kota Tegal terdapat kedai soto yang sangat terkenal, yaitu Soto Senggol. Konon disebut soto senggol karena jalan masuk ke kedai tersebut selain bernama Gang Senggol, luas gang yang agak sempit membuat yang lewat gang tersebut saling bersenggolan. Tetapi sebenarnya Gang Senggol tidak terlalu sempit kok.

.

Picture2

Sumber gambar: tahuaci2014.blogspot.co.id

.

Kenapa soto senggol menjadi kuliner khas yang wajib dikunjungi? Soto senggol meski disebut soto tidak seperti soto pada umumnya, karena kuah soto senggol diberi tauco khas Tegal yang berwana cokelat. Harum tauco serta citra rasanya membuat soto senggol terasa nikmat, segar di lidah. Penasaran kan, kok soto kuahnya pakai tauco? Silakan mencicipi langsung ke Tegal.

Rujak Kangkung

Habis makan yang berat, sekarang Anda bisa mencari rujak kangkung buat kuliner pencuci mulut. Tidak ada lokasi khusus untuk mencari rujak kangkung yang enak karena kuliner ini banyak di jual di Tegal. Biasanya yang menjual nenek-nenek, bumbu rujak kangkung diulek langsung begitu Anda beli sehingga bumbunya benar-benar  fresh.

.

Picture3

Sumber gambar: kompasiana.com

.

Supaya Anda bisa membayangkan rasanya, rujak kangkung adalah kangkung segar yang direbus lalu dilumuri bumbu khas rujak: kacang tanah, gula jawa, terasi, dan cabe yang dihaluskan. Rasanya pedas manis, tekstur kangkunganya yang direbus dengan kematangan pas terasa segar dan biasanya disantap dengan kerupuk.

Tahu Aci

Makan berat sudah, cuci mulut dengan yang pedas dan segar sudah, mungkin Anda butuh camilan. Makanan ringan bisa disantap sambil menikmati tempat wisata yang terdapat di Kota Tegal atau dibawa sebagai oleh-oleh. Anda bisa mencoba kuliner khas Tegal tahu aci. Rasanya selain khas rasa tahu kulit, ada rasa gurih dan kenyil-kenyil berasal dari aci yang dipadukan di tahunya. Aci itu lah yang membuat tahu aci menjadi lebih spesial.

Sebenarnya tahu aci banyak di jual di Tegal, hampir di sepanjang jalan raya yang ramai dilewati kendaraan, juga di beberapa toko yang menjual oleh-oleh. Namun tahu aci yang terkenal enak hanya ada di Toko Nata Jaya. Di toko ini tahu aci dikemas dalam besek kecil yang unik dengan harga terbilang murah, sekitar @Rp1000 -1500. Cukup cantik dan murah meriah dijadikan oleh-oleh.

Apakah kuliner khas Tegal hanya yang disebutkan di atas? Tentu saja tidak, Anda bisa berburu banyak  kuliner khas Tegal lainnya di sana. Ada kupat glabed, glotak, nasi lengko, kupat blongong, nasi  ponggol setan, dan banyak lagi yang bisa memanjakan lidah Anda. Jadi jika Anda penggemar wisata kuliner, jangan ragu untuk memasukkan Kota Tegal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner Anda.

Nah buat yang ingin menjelajah kota atau daerah lain, bisa juga membaca tulisan ini : Kuliner Bogor , Kuliner Pemalang , Kuliner Kebumen….

Tinggalkan Balasan